Ini cerita gag lama aku alami,wktu itu pagi hari yang cerah,aku mau berangkat kerja.Naik Supraku tentunya.Baru keluar dari gang rumah,aku di salip ama motor megapro…busyeettt..kaget bukan kepalang..yang nunggangin cewek lagi…dalam hati udah ada rasa mangkel,pengen ngejar tuh motor..tapi berhubung yang nunggangin itu kaum Hawa,ku urungkan saja niatku itu..
Aku kendarai motor Supra kesayanganku dengan santai,menyalip truk ataupun bis dengan tenang,menikmati jalan aspal yang hitam,meski ada beberapa lubang,namun gag jadi masalah buat aku…(udah hafal mana jalan yang berlubang dan yang nggag).Di tengah perjalanan aku beremu lagi dengan si Mbak megapro..macak songar…si pengendara megapro mbleyar mbleyer motornya di depan aku…(sabar..sabar..motor ku Cuma Supra).aahhh…biarin aja lah…senyum aja.itung2 sedekah.
Sesampai di SPBU aku mampir dulu untuk memberi minum Supraku,ku lihat dari kejauhan,mbak pengendara megapro gag ikutan ngisi bensin…dalam hati berkata,”ia ya…tangki megapro muat 13 liter lebih,Supra ku Cuma 3,7 liter”.Setelah mengisi bensin,ku lanjutkan perjalananku ke tempat bekerja.dengan santainya aku menarik gas motorku seperti tak berdosa…serasa sepanjang jalan ini emang jadi milikku semua.kira kira 2 km dari SPBU,aku melihat pengendara motor tampak seperti lagi kena masalah.dia berdiri di samping kiri motornya sambil mancal mancal kick starter motor sportnya.selintas ku lihat dia,ehhh ternyata mbak yang naik motor megapro tadi.ehem…ehem…seperti biasa,jika ada kaum hawa sedang mengalami masalah,para kaum adam langsung kena sindrom…sindrom pengen jadi pahlawan.Ku samperin aja tuh cewek,engine Supra Off…sambil buka helm INK putihku,trus bertanya,”motornya kenapa mbak?”.tanpa menoleh cewek itu menjawab,”gag tau nih mas…tiba tiba ngadat…!!!”.tanpa disuruh aku langsung jongkok untuk memeriksa keadaan motor tuh cewek (wuuihh..kayak dokter aja).ku tanya mbaknya,”bensinnya abis kali mbak?”.dia menjawab,”ada koq mas..paling tinggal 2 literan…”.kulihat posisi kran bensin motornya pada kondisi ON.dalam hati ku tertawa,”hahhh…2 liter…???”
Untuk motor sport jika posisi kran bensin pada posisi ON,bensin gag bakalan ngalir…baru jika diputar pada posisi RES,bensin bisa ngucur lagi…oke oke..kembali ke cerita tadi.
mengetahui hal tersebut,langsung aja aku cabut selang bensin pada tangki..nah bener kan!!bensinnya gag ngalir.trus ku putar kran bensin pada posisi RES (reserve),langsung aja bensinnya ngucur.SSiiipp…bensinnya masih ada.ku pasang lagi selang bensinnya.ku biarkan posisi kran bensin pada posisi RES.trus ku nyalakan mesinnya dengan “memancal” (bahasa kerennya dari menendang) kick starter.satu…dua…tiga… pancalan belum bereaksi…ku pancal lagi…satu…dua…tiga…breeemmmm bremmmm..bremmmm….motor menyala lagi…beres dah.ku lirik ceweknya udah bisa senyum senyum sendiri…langsung aja dengan gaya yang khas seperti seorang konsultan pakar motor mogok,aku menjelaskan bahwa,”mbak,kran bensin pada motor sport tuh beda ama motor bebek,pada motor sport,kran bensinnya ada 3 titik yang perlu diketahui (lihat gambar)
Posisi OFF,gunanya unuk menutup saluran bensin.posisi RES,gunanya untuk mengalirkan bensin jika volume bensin pada tangki di bawah 2,5 liter,sedangkan posisi ON,berfungsi mengalirkan bensin dengan syarat,bensin kudu diatas 2,5 liter.jadi saya sarankan posisi kran bensin pada motor sport lebih baik pada posisi ON.kenapa?karena jika dalam kondisi anda kehabisan bensin,anda tinggal memutar posisi kran bensin pada posisi RES (posisi cadangan) dan anda bisa mengendarai motor hingga nanti bisa menemukan SPBU atau kios kios bensin terdekat…tapi jika anda membiasakan posisi kran bensin pada posisi RES,jika mengalami kehabisan bensin,maka bensn yang adadalm tangki memang benar benar sudah habis.bensin cadangan di tangki udah habis terpakai dulu.
Dari cerita singkat ini perlu diketahui buat para pengguna motor sport,untuk memahami cara kerja dan fungsi dari komponen yang mungkin jarang dijamah ini. Yup! Alat itu kran bensin. Padahal fungsi part itu cukup penting. Yakni mengatur banyak atau dikitnya BBM yang mengalir dari tangki ke bagian pengabut atau karburator.
mantab mas bro... tq ilmunya... baru blajar2 bw megapro q
BalasHapuskalo posisi ckoke yang benar gimana mas, kalo di megaproku kan ada 3 tingkatan, paling bawah, menengah dan ke atas. fungsinya masing2 apaan tu?
BalasHapusthanks
Ku juga butuh bahasan ini bang
HapusTrims.....sharenya krn semalem aku jg kena masalah ini dg kuda besikuππππ
BalasHapusMasih blm paham mas tadi aja saya pke motor tiba" mberebet.. Pssi kran di on. Saya udah gugup deh krn gak tau maslah mesin
BalasHapusMaaf mau tanya, posisi on kran bensin gl pro kebawah atau ke atas ya? Soalnya beli second tulisannya ga ada
BalasHapus